Jul 14, 2009

Pesta Blogger Digelar Lagi

Memasuki tahun ketiganya, Pesta Blogger tahun ini akan segera digelar kembali. Kali ini, Pesta Blogger akan merambah ke berbagai kota besar di Indonesia, antara lain Malang, Semarang, Bandung, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Surabaya, Medan, Palembang, dan yogyakarta.

"Berbeda dengan Pesta Blogger sebelumnya, kami akan memulai Pesta Blogger dengan mengadakan blogging workshop (blogshop) di 10 kota besar di berbagai daerah," ujar Iman Brotoseno, Ketua Panitia Pesta Blogger 2009, pada acara peluncuran Pesta Blogger 2009, di Gedung Kominfo Jakarta, 14 Juli 2009.

Acara kali ini mengusung tema One Spirit One Nation, yang dimaksudkan sebagai pemulihan dan konsolidasi setelah pemilu. "Blog dan social media mampu melampaui batas-batas fisik, religius, maupun kultural, untuk menyatukan kita sebagai satu bangsa, dalam satu semangat," ujar Iman.

Iman mengatakan, blogshop yang akan menjadi ajang Pesta Blogger 'mini' untuk menggandeng komunitas-komunitas lokal, akan mulai dilaksanakan Akhir Juli 2009. Acara puncak akan diadakan di Jakarta pada 24 Oktober 2009, dengan target peserta sekitar 1500 orang.

Kini, Iman menambahkan, di antara sekitar 25 juta pengguna internet di Indonesia, terdapat sekitar sejuta blogger. Angka tersebut didapatkan dari berbagai layanan blog yang ada. "Jumlah itu meningkatkan dari tahun yang semula 600 ribu blogger."

Dari jumlah itu, Iman melanjutkan, terdapat sekitar 40 komunitas blogger yang terkonsentrasi di kota-kota besar. Bahkan baru-baru ini terbentuk komunitas blogger baru yang berasal dari Maluku dan Nusa Tenggara. Menurut sepengetahuan Iman, tinggal Papua yang saat ini belum memiliki komunitas blogger.

Lebih lanjut, Iman mengatakan bahwa kecenderungan blogger membentuk komunitas di daerah-daerah, hanya terjadi di Indonesia. "Di Amerika Serikat, blogger tidak melakukan kopi darat. Mereka lebih individualistis."

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Cameron R Hume, mengatakan bahwa sifat asli orang Indonesia yang memang menyukai kegiatan sosial sebenarnya sangat cocok dengan karakter social media, seperti blog.

"Dari kacamata saya sebagai orang luar, seharusnya ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perkembangan social media di sini." Selain itu, ia juga mengatakan bahwa blog sebagai salah satu media untuk mengakomodasi kebebasan berpendapat, adalah suatu hal yang tak bisa dipisahkan dari kemajuan demokrasi.

"Oleh karena itu, kami sangat senang untuk kembali mensponsori kegiatan Pesta Blogger tahun ini," ujar Hume. Sebelumnya, Kedutaan Besar Amerika Serikat memang juga turut mensponsori kegiatan Pesta Blogger 2008.

Dari bujet Pesta Blogger 2009 yang besarnya antara sekitar Rp 1 miliar, Amerika Serikat mendanai sekitar 20 persen atau sekitar Rp 200 juta. Hume sendiri telah melakukan aktivitas blog, untuk pertama kalinya pada Februari 2009, yakni sesaat setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mengunjungi Indonesia.

• VIVAnews


1 comment:

Komentarnya Donk..
Isikan Komentar Kamu, pertanyaan Temen-Temen Di bawah ini Tanpa mengandung Unsur SARA. Tunggu Kunjungan saya Di blog Sahabat. Terimakasih.