Jul 8, 2009

Google Membuat Sistem Operasi Sendiri Google Chrome OS

Perang antara Google dengan Microsoft semakin memanas. Setelah Google digempur oleh Microsoft dengan Bing, kini Google mulai menyiapkan serangan balik dengan membuat sebuah sistem operasi. Sistem operasi ini berjuluk Google Chrome OS yang basiknya berdasar Google Chrome.

Google Chrome OS adalah sistem operasi yang open-source dan ringan dimana targetnya adalah ditanamkan pada netbooks. Akhir tahun ini Google akan menyediakan kode pembuatannya. Sedangkan netbooks yang menggunakan Google Chrome OS akan tersedia dipasaran mulai pertengahan 2010.

Cepat, simpel dan aman merupakan aspek utama dari Google Chrome OS. Sistem operasi ini akan terbuka dengan cepat dengan tampilan minimal serta dijamin aman dari ganguan virus, malware dan sebagainya. Google Chrome OS dapat berjalan di x86 dan ARM chips. Sistem software ini cukup simpel, Google Chrome berjalan dengan sistem jendela baru didalam kernel linux. Untuk aplikasinya menggunakan sistem web. Sehingga nantinya aplikasi ini dapat juga dijalankan di browser Google Chrome di Windows, Mac dan Linux.

Singkat kata, Google Chrome OS merupakan Browser Google Chrome yang berdiri sendiri, dapat berjalan tanpa perlu sistem operasi lain terinstall. Selengkapnya ad di Google Blog.

Apakah akan menjadi pesaing Windows. Jawabnya seperti Linux terhadap Windows. Jadi kita nantikan saja kedatangannya.

2 comments:

  1. Kalau pendpat aku mas google is the best rasanya gak ada yang bisa mengalahkan google karena udah dapat nama lebih dulu kali ya...

    ReplyDelete
  2. maaf hanya sekedar klarifikasi:

    Sistem operasi ini berjuluk Google Chrome OS yang basiknya berdasar Google Chrome.

    >>> setahu saya, Chrome OS berbasis Linux, bukan Chrome browser. Bisa jadi ini adalah pengembangan dari Android, karena Android sendiri basisnya adalah Linux, meskipun dikatakan ini adalah project yang memang benar-benar terpisah dari Android.

    Sistem operasi ini akan terbuka dengan cepat dengan tampilan minimal serta dijamin aman dari ganguan virus, malware dan sebagainya.

    >>> Pernah dibahas di Infoworld.com tentang ini. Linux sendiri memang memiliki akses file yang lebih kompleks dari pada windows, tapi ini tidak menjamin bahwa Chrome OS bebas virus, malware dan sebagainya, yang mungkin adalah lebih sulit terkena virus dkk.

    Sistem software ini cukup simpel, Google Chrome berjalan dengan sistem jendela baru didalam kernel linux

    >>> masih bingung dengan yang ini neh

    ReplyDelete

Komentarnya Donk..
Isikan Komentar Kamu, pertanyaan Temen-Temen Di bawah ini Tanpa mengandung Unsur SARA. Tunggu Kunjungan saya Di blog Sahabat. Terimakasih.