Jun 2, 2009

Mencoba Search Engine Bing.com

Bing.com merupakan situs pencarian besutan dari Microsoft dimana mulai hari ini (1/06) sudah dapat dinikmati. Anda bisa melakukan beragam pencarian dengan mesin pencari ini. Tampilan hasil pencariannya memang mirip dengan Google Search namun isinya berbeda. Link yang ada dihalaman depan Google belum tentu berada di halaman depan Bing.

Saat Anda membuka bing.com maka otomatis akan masuk ke halaman negara Indonesia. Fitur pencarian versi Indonesia belum lengkap, hanya ada Web, Image, News dan xRank. Apabila Anda ingin mencoba fitur Bing yang lengkap silakan klik tulisan Indonesia di pojok kanan atas. Akan terbuka halaman pilihan negara. Klik di US-English, tepatnya di kanan bawah.

Silakan kembali ketik bing.com, maka Anda akan dibawa ke halaman depan. Menunya lebih banyak bukan?. Menu yang tersedia antara lain adalah:

* Web, untuk mencari halaman website.
* Images, untuk mencari gambar.
* Videos, untuk mencari video.
* Shopping, untuk mencari, membandingkan dan membeli belanjaan.
* News, mencari tahu berita.
* Maps, mencari lokasi dan bagaimana cara mencapainya.
* xRank, untuk mengetahui apa yang paling banyak dicari saat ini.
* Travel, mengetahui hotel dan rencana membokingnya.
Anda bisa melakukan pencarian advance atau tingkat lanjut dengan mudah. Jika di Google harus mengisi manual maka di Bing ada menu untuk mempermudah menambahkan query atau kode. Di bawah kotak pencarian klik Advance, maka nanti akan keluar menu untuk pengaturan pencarian lebih lanjut.

Setelah melakukan pencarian akan muncul history pencarian yang terdapat di sidebar kiri. Selain itu setiap pencarian gambar dan video akan mempunyai pilihan spesifikasinya disidebar. Anda dapat mempersempit pencarian dengan menampilkan foto yang hanya sebatas wajah saja atau bisa juga foto separuh badan.Disebelah kanan hasil pencarian jika Anda lewati dengan mouse maka akan muncul preview mengenai link web tersebut. Bahkan jika link tadi adalah Twitter maka akan ada pilihan follow dan sebagainya.
Menurut saya Bing hampir mirip dengan Google Search, dengan fitur yang lebih lengkap. Namun hasil pencariannya masih kurang lengkap. Saya mencoba memasukkan judul postingan blog dimana sudah masuk ke Google namun belum terindex di Bing. Tapi ini bukan berarti hasil pencarian Bing jelek karena Bing juga baru diluncurkan. Untuk kedepannya saya rasa akan semakin baik dan menjadi pesaing utama Google Search. Untuk menjajal kemampuan selengkapnya silahkan Anda coba sendiri di bing.com.

1 comment:

Komentarnya Donk..
Isikan Komentar Kamu, pertanyaan Temen-Temen Di bawah ini Tanpa mengandung Unsur SARA. Tunggu Kunjungan saya Di blog Sahabat. Terimakasih.